[TRAVELLING RECOMMENDATION]: Jalan-Jalan di Bali

Ok brow, berhubung ini bulan Mei, dan banyak dari temen2 gw yang uda cabut ke Bali, sementara gw di Jakarta masih belajar buat SBMPTN, gw bakal bantu membuat rekomendasi ke kalian2 yang mau ke Bali dan belum cabut ke sana... Gila brow, lw pada seneng2, uda refreshing abis UN, sementara kepala gw makin mumet mikirin seleksi, dan cuma bisa membayangkan pasir putih dengan cewek-cewek yang eksotis (ahaayyy)..

Intro...

Langsung aja brow, gw termasuk satu dari sekian banyak orang yang pernah ke Bali, dan ada 2 jenis travelers yang dateng ke Bali...

Jenis pertama yakni travelers yang dateng ke Bali for having fun alias cuman buat seneng2.. Ya mereka kesini kerjanya cuma party, clubbing, nge-drink, dsb. Mereka disebut sebagai 'manusia kelelawar' yakni aktif di malam hari, letoy di pagi hari. Rada susah buat diajak jalan jauh dari kawasan Kuta-Denpasar-Seminyak, ya karna disitulah manusia-manusia ini berhabitat, di tengah keramaian malam, khususnya di Legian dan Seminyak.. Biasanya, 'manusia kelelawar' itu kayak anak2 ABG, cabe-cabean, jablay dan bule2 kere yang budgetnya dikit buat jalan jauh dari kawasan malam tersebut.

Jenis kedua adalah travelers yang ke Bali buat refreshing dari segala kepenatan kota.. Biasanya mereka mencari sesuatu/objek yang gak bisa ditemui dalam kehidupan kota, atau di tempat lain, alias mereka pengen lihat keunikan Bali yang gak punya/gak ditemukan di tempat lain. Makanya jangan heran, kelompok ini banyak ditemukan di pantai-pantai yang masih eksotis, spot diving dan snorkeling, gunung, dan kawasan alam lainnya. Mereka juga bisa ditemui di sentra kebudayaan dan kesenian kayak di Ubud. Di Bali pun, mereka juga bisa ditemukan di kawasan2 pura. Kelompok ini umumnya diisi oleh golongan pekerja yang seakan uda 'muak' sama rutinitas kota, fotografer alam-budaya, pasangan honey moon, bule berkantong tebal, dsb

Buat blog gw kali ini, gw bakal menggunakan sudut pandang golongan refreshing travelers. Alasan gw simpel aja, mereka ke Bali punya pikiran rasional, ngeluarin duit untuk menemukan hal2 yang unik dari Bali, hal2 yang gak bakal mereka temukan di tempat manapun di dunia ! Karna cuman mereka yang bisa meresakan the real Bali. 

 Bandingkan dengan traveler yang cuman buat having fun aja.. Dugem2 bisa dimana aja.. Di Jakarta uda banyak diskotik, di tempat eksotis semisal Phuket banyak, Pattaya apalagi... Bahkan lw mao ngedugem di rumah gw, gw juga bisa usahain (kalo gw mao, dan punya duit pastinya). Selain itu brow, banyaknya bisnis dugem juga gak baik buat alam dan eksotisme Bali itu sendiri.. Pulau yang suci dan punya panorama indah ini dicemarkan oleh .... ya lw tau lah apa maksud gw :)  Selain itu, kebanyakan dugem juga gak baik buat kesehatan :D hahahahaha

Oke deh, ini dia rekomendasi gw dan versi blog gw:

1.Nusa Lembongan




Kayak gw bilang tadi, kebanyakan tempat dugem merusak eksotisme suatu tempat. Contohnya Pantai Kuta.. Emang sih sunset nya masih indah, tapi uda mulai kebanyakan orang disana... Banyak orang banyak sampah... Begitu pula dengan tempat dugem yang banyak berdiri disana. Kan kalo misalnya lw butuh refreshing, nge-galau dikit, sambil nikmatin panorama pantai, kan rada susah kalo ada musik ajep2..

Jadi rekomendasi pertama gw kepada lw semua adalah Pulau Nusa Lembongan. Pulau ini menjadi 'representasi' Bali jaman dulu, alias Bali yang panorama pantai dan alamnya belom kecemar aktivitas manusia.. Salah satu hal yang menyebabkan Nusa Lembongan masih bersih dari aktivitas manusia adalah faktor geografisnya, yakni sebuah pulau yang terpisah dari daratan induk Bali.. Orang kalo mao kesini harus bayar transport perahu dari pantai Sanur (kalo gak salah), makanya orang jadi males kesini hahahaha.. Resort di Pulau ini mulai berkembang sementara dugem gw belum pernah dapet kabarnya..

Di Nusa Lembongan, objek wisata utamanya terletak pada pantai dan pasir putihnya yang bener2 bersih brow.. Pemandangan bawah lautnya juga bagus, jadi cocok buat diving ato snorkeling, masih bersih pula lautnya (terutama di sekitar Mushroom Bay). Atraksi turis yang banyak di lakukan di Nusa Lembongan adalah cliff jump alias lompat dari tebing di kawasan Nusa Ceningan (sebenernya ini pisah pulau, cuman jaraknya deket dari Nusa Lembongan) setinggi 6-13 Meter dan langsung nyebur ke laut.. Ini wisata adrenalin brow... Lagi2 gw ngutip dari jalan2 men, dimana host-nya: Jebraw pernah melakukan cliff jump di tempat ini..



Balik lagi ke Lembongan, di tempat ini, lw bisa melihat aktivitas ekonomi masyarakat sekitar yakni budidaya rumput laut, dan di bagian utara Pulau Nusa Lembongan, lw bisa melihat rawa yang juga kawasan hutan mangrove..

Nusa Lembongan: pantai,laut,tebing,rawa, dapet semua :)

2.Taman Nasional Bali Barat




Kalo ke Bali, travelers kerap kali pengen ngeliat2 soal kebun binatan dan binatang.. Kayak uda korelasi gitu deh brow.. Biasanya yang kerap kali dituju adalah 1.Pulau Penyu 2.Bali zoo 3.Taman safari and marine park... Kalo wisatawan yang punya kantong tebal tentu Taman Safari dan Bali Zoo jadi prioritas, khususnya Taman Safari yang uda punya nama.. Kalo gak bisa ke kebun binatang, konservasi seperti Pulau Penyu bisa jadi pilihan.. Sebenernya gak salah ke tempat2 tersebut, cuman sayangnya binatang-nya gak alami lagi.. Mereka uda gak liar lagi, ditambah kebun binatang tentu akan mengandangkan hewan.

Rekomendasi gw tujukan kepada Taman Nasional Bali Barat. Di tempat ini, lw bisa liat secara langsung keanekaragaman flora-fauna Bali. Tempat ini termasuk lengkap brow.. Mereka punya hutan musim, sabana, dan laut.. Di tempat ini pula kita bisa melihat burung jalak bali secara langsung di alamnya. Tempat ini oke banget buat yang demen fotografi.. Banyak spot dan objek yang bisa diambil gambarnya.



Gak cuma soal jalak bali, disini lw bisa ketemu sama banteng, rusa, dan bahkan penyu...

3.Kawasan Danau Batur




Kecamatan Kintamani seakan seperti "puncak-nya" Pulau Bali. Gimana enggak, lw kesini udaranya sejuk, kayak puncak gitu deh.. Salah satu objek wisata utama yang ada di Kintamani adalah kawasan danau batur dimana di dalamnya terdapat 3 objek wisata yang maha pecah, yakni Gunung Batur, Danau Batur, dan Desa Trunyan.

Gunung Batur, salah satu gunung yang menurut gw eksotis selain Gunung Agung yang juga tetangganya. Gunung ini masih aktif brow, dan pernah 26 kali ber-erupsi.

Letusan Gunung Batur yang terjadi sekitar 20.000 tahun yang lalu, membentuk kaldera. Kaldera ini terisi air hujan sehingga membentuk Danau Batur brow.. (sedikit belajar Geografi)

Di tepi Danau Batur ini, terdapat Desa Trunyan, desa yang sangat populer oleh budaya pemakaman jenazah.. Mungkin lw uda pada tau soal prosesi pemakaman jenazah di tempat ini, yakni mayat dibiarkan begitu aja.. Mayat cuma diletakkan di atas sebuah batu besar, dekat pohon Taru Menyan. Dalam prosesi ini, mayat yang dimakamkan terbagi atas 3 lokasi pemakaman yakni Sema Wayah untuk orang yang meninggal secara wajar, Sema Bantas untuk orang yang meninggal secara tidak wajar seperti kecelakaan, pembunuhan, dsb. Terakhir Sema Muda sebagai tempat untuk memakamkan bayi, anak-anak, dan warga yang sudah dewasa tapi belum menikah.




Awetnya mayat-mayat di desa ini, disebabkan oleh semacam zat kimia alami yang dikeluarkan pohon taru menyan. Aroma pohon ini juga menetralisir bau busuk mayat...

Intinya brow, kalo lw ke kawasan ini, lw bakal travelling ke 3 tempat wisata sekaligus.. Kurang apa coba ??

4.Pura Uluwatu




Tempat ini uda mainstream banget buat orang-orang yang liburan di Bali. Tapi harus diakui, di tempat ini, kita bisa menemukan 3 unsur eco traveler yakni alam, rohani, dan budaya..

Dari sisi alam, tempat ini punya hutan tropis.. Lengkap dengan monyet-monyet yang suka nyolong barang turis.. Sekalipun suka nyolong, kelestarian monyet tetap dijaga brow, apalagi oleh umat hindu Bali.. Sajen buat dewa, dimakan monyet, gak masalah brow..



Gak cuman soal hutan dan monyet, lw pada tentu tau Pura Uluwatu terletak di tepi tebing yang curam banget brow, dan langsung mengarah ke laut Samudera Hindia.. Sumpah lw gak nyesel kesini, sekalipun kacamata item lw dicolong monyet. Di tebing ini pula, lw bisa ngeliat sunset yang maha indah brow..



Dari segi rohani, pura ini termasuk suci.. Umat hindu banyak yang berdoa di sini.. Suasana Hindu bener2 terasa disini, baik itu lewat sesajen, atau bau menyan..

Dari segi budaya, selain keberadaan pura itu sendiri yang merepresentasikan budaya Bali, terdapat pula pentas tari kecak yang rutin di tampilkan, apalagi menjelang sunset. Kurang pecah apa brow, nonton kecak yang seru sekaligus penuh mistis, diiringi oleh sunset.. Pengalaman seumur hidup nih brow.. Tari kecak, ya tentu lw tau lah cerita Ramayana, mulai dari Sinta yang diculik sama Rahwana, Jatayu yang sayapnya dipotong Rahwana, sampe Hanoman yang nge-bakar kerajaan Alengka.. Klimaksnya, tentu pas bagian Hanoman dibakar. Di sela-sela pentas, penari mengajak penonton ikut menari, bahkan dikerjain brow... itu pasti, makanya siap-siap aja dikerjain, cuman ya inilah daya tariknya.. Akhir cerita, ya happy ending gitu brow..



5.Istana Tampaksiring




Istana kepresidenan Republik Indonesia ini terletak di Kabupaten Gianyar (bisa dijangkau dari Ubud). Tempat ini punya mata air suci, yang konon bisa membuat awet muda bagi mereka yang mandi di sini. Tempat pemandian yang awalnya digunakan oleh keluarga kerajaan Bali ini, kini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Ada cerita menarik soal pembangunan Istana Tampaksiring. Istana ini dibangun disebuah bukit atas keinginan Presiden Soekarno. Maksud ini, ceritanya agar Bung Karno bisa melihat perempuan yang mandi di pemandian, yang letaknya di bawah bukit.. Bener ato enggak gw kurang yakin.

Tempat ini termasuk suci, sehingga budaya Hindu-Bali bener-bener kerasa. Sesajen dan bau menyan tetep kerasa brow.

6.Diving Spot in East Coast Bali




Sebagai orang pernah travelling di Bali, bagi gw diving ada di list, sebagai kegiatan yang harus gw lakukan di Bali.. Pulau Bali, punya keanekaragaman laut yang kaya brow. Meski gak sekaya Raja Ampat, tapi lw gak bakal nyesel pernah dive di Bali. Tempat yang kaya akan spot atau lokasi penyelaman ada di East Coast atau Pantai Timur Bali.. Kalo Pantai Barat semacam Kuta, Seminyak, Jimbaran, dsb, East Coast merupakan tempat yang dikhususkan buat mereka yang demen nyelem brow..

Sepanjang pantai timur, banyak spot yang bisa dijelajahi semacam Padang Bay, Tepekong, Tulamben Nusa Penida, Amed, ,dan spot laen yang gw belom tau mungkin. Satu kawasan selam punya beberapa spot brow, makanya eksplorasi keindahan bawah laut Bali dapat dilakukan secara leluasa.

Sebagai orang yang pernah diving plus pengalaman bokap gw, berikut tips dan keunikan diving di tiap spot (setau dan sebisa gw jelasin).

1) Padang bay: cocok buat pemula, kedalaman dangkal. Karang kurang banyak, tapi tetep cakep



2) Tepekong: Karang banyak, cakep pula. Ikan gede semisal hiu bisa ditemukan disini.



3)Tulamben: Terkenal oleh bangkai kapal USS. Liberty , sebuah kapal kargo era PD 2 yang di torpedo                           Jepang. Bangkai kapal merupakan media ideal buat koral tumbuh. Mengingat lw                                           mengeksplorasi sebuah bangkai kapal, dive harus hati-hati brow.



4)Nusa Penida: Arus lumayan kenceng, amatir atau penyelam pemula disarankan jangan dive disini. Arus                                kenceng merupakan tempat ideal buat mola-mola "nongkrong"




Mungkin cuman itu yang gw tau.. Satu lagi soal East Coast, tempat ini kaya akan nudibranch ato siput laut tanpa cangkang, yang punya corak badan indah.. Bali uda terkenal sebagai Ibu kota nudibranch Indonesia mungkin dunia.. Tapi disarankan jangan ngedeket brow, beracun soalnya hahaaha..

7.Ubud 



Ubud merupakan rekomendasi utama dan terakhir di blog gw. Kenapa gw milih Ubud sebagai destinasi wajib buat travelers, ya karna tempat ini bener-bener lengkap brow !

Di sini, alam-nya sejuk dan ijo-ijo.. Ubud sebagai lumbung padi di Pulau Bali, punya sistem pengairan sawah subak yang uda terkenal di seluruh dunia, masuk warisan UNESCO pula. Sistem subak seakan mengatur pola sawah jadi kayak besusun gitu brow. Makanya, karna subak pula, sawah gak cuman jadi tempat bikin beras, tapi bisa jadi tempat wisata karna keunikannya.

Di kawasan Ubud, yang juga merupakan wilayah Gianyar, terkenal sebagai sentra kesenian dan kebudayaan. Disini lw bisa menemukan kerajinan berupa ukiran tulang, terutama dari tulang sapi. Di kawasan Ubud pula, lw bisa menemukan sanggar seni lukis, dan lw bisa mengenal Ubud style painting.. Dalam perjalanan menuju Ubud, lw bisa menemukan banyak teater ato tempat pementasan tari Bali. Di tempat-tempat kayak gini, tari Bali kayak Legong, Pendet, dll banyak dipentaskan.. Paling nge-top di tempat-tempat ini adalah tari barong.. Tarian bukan cuma sekedar kesenian, tapi juga punya makna religius-spiritual, terutama tari barong, dan tari keris.. Gila brow, unsur mistis bener-bener kerasa, dimana keris yang ditusuk ke dada penari bisa patah, tanpa melukai penari.



Di Ubud pula lw bisa menemukan banyak makanan tradisional, khususnya si Bebek Bengil yang enak gila, dan original rasa Ubud. Biar kata mahal, crispy-nya bebek bengil gak ada yang nandingin brow.. Lw harus coba, dan urusan makan, gw sangat merekomendasikan bebek bengil brow.



Intinya, Ubud itu bener-bener lw harus kunjungin sebelum mati !! Cakep abis !!

Selain tempat2 tersebut, ada beberapa tempat yang jadi rekomendasi juga..

Tanah Lot
Pura diatas batu karang... Selain pura, kita bisa menemukan air suci dan ular laut yang dikeramatkan. Katanya kalo megang tu ular, hal yang kita impikan bisa tecapai (katanya). Tanah Lot juga dikenal sebagai spot dengan sunset yang legendaris.

Lovina
Salah satu pantai maupun laut di Bali utara. Terkenal karena kita bisa menemukan kawanan lumba-lumba disini, meskipun harus pagi-pagi ngeliatnya.

Pura Besakih
Kompleks pura umat Hindu terbesar di Bali.

Goa Gajah - Goa Lawa
Dua gua yang terkenal di Bali, dimana goa gajah sebagai tempat sembayang umat Hindu, dan goa lawa yang terkenal sebagai habitat kelelawar.

Bedugul
Pura yang terletak di tepu danau.. Disini lw bia menikmati suasana religius agama Hindu dibarengi pemandangan alam danau..

dan masih banyak tempat lain... :)

Rekomendasi-rekomendasi dari gw ini, diharapkan dapat membantu lw dalam merencanakan dan memutuskan wisata lw ke Bali brow, serta mengubah pola pikir lw pada yang kebanyakan kenal Bali cuma wilayah Kuta-Legian-Seminyak, ato Legian-Kuta-Seminyak, ato Seminyak-Kuta-Legian, dsb..

Begitu pula dengan pandangan clubbing-ngedrink-dugem ato ngedrink-dugem-clubbing ato dugem-clubbing-ngedrink, dsb..

Salam brow :D

Komentar

  1. Khusus perempuan saja, Kido Massage delivery.
    Pin BB : 59AD9CE0.
    1.Melayani pijit pegal pegal, capek dll.
    2.Menerima terapi mengencangkan payudara.
    3.Menerima terapi mengikis lemak pada pinggul/pinggang tanpa obat.
    Area Denpasar dan sekitarnya, di tempat / dipanggil.

    BalasHapus
  2. Khusus perempuan saja, Kido Massage delivery.
    Pin BB : 59AD9CE0.
    1.Melayani pijit pegal pegal, capek dll.
    2.Menerima terapi mengencangkan payudara.
    3.Menerima terapi mengikis lemak pada pinggul/pinggang tanpa obat.
    Area Denpasar dan sekitarnya, di tempat / dipanggil.

    BalasHapus
  3. mantaap gan info balinya cek paketnya di www.tripinto.co.id

    BalasHapus
  4. keren kak reviewnya, thank sharenya kak jangan luapa kunjungan ke blog kami di http://www.dtmiceandtour.com/2018/03/open-trip-munggahan-melaka-kuala-lumpur.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)