[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)

Dalam BEDAH LAGU kali ini, gw  bakal membedah lagu Kisah Kasih di Sekolah khususnya versi alm. Chrisye dari albumnya Dekade yang rilis tahun 2002. Pilihan gw pada lagu ini sebagai lagu Indonesia pertama yang akan gw bedah, ya mengingat status gw sekarang, sebagai anak kelas 3 SMA yang akan segera meninggalkan sekolah, nyari kuliah... Gila brow, sedih rasanya ninggalin SMA, terutama masa 3 tahun yang diberikan, gak cuma soal belajarnya aja, tapi juga lingkungannya dan orang-orangnya. Terlebih lagi brow, lagu ini mengingatkan gw, betapa gw menyia-nyiakan 3 tahun gw di SMA (gila2 brow, kok jadi curcol gini... -_-")

Gak cuma soal momen yang pas buat nginget 3 tahun ke belakang, lagu Kisah Kasih di Sekolah juga uda familiar di kuping gw, mengingat lagu ini termasuk kategori lawas. Dari jaman nyokap SMP ni lagu uda ada, waktu yang nyanyiin Obbie Mesakh, dan nyokap juga heran kok gw demen lagu jadul...

Oke deh langsung masuk aja, sekaligus mengenang 3 tahun yang mau berakhir :)

Video Clip-nya




Lirik

"Kisah Kasih di Sekolah"

Resah dan gelisah.... menunggu di sini
di sudut sekolah, tempat yang kau janjikan
ingin jumpa dengan ku, walau mencuri waktu
berdusta pada guru

Malu aku malu.... pada semut merah
yang berbaris di dinding, menatapku curiga
seakan penuh tanya
sedang apa di sini ?
Menanti pacar jawab ku

Reff: Sungguh aneh tapi nyata
tak kan terlupa
kisah kasih di sekolah
dengan si dia

Tiada masa paling indah
masa-masa di sekolah
Tiada kisah paling indah
 kisah kasih di sekolah

Soal Lagunya...

Lagu ini pas banget dinyanyiin sama Chrisye yang bisa dibilang spesialis lagu "minor". Meski dalam karirnya, Chrisye sempet nyanyiin lagu2 "mayor" yang bertema ceria kayak Anak Sekolah atau Hip Hip Hura (ni lagu bisa kita bedah di lain kesempatan :D ), nyatanya Chrisye tetep gak lupa karakternya yang jago menyanyikan lagu bertema suasana gundah atau galau, termasuk di Kisah-Kasih di Sekolah. Cara nyanyi dan isi lagu-nya pas banget... 

Cerita atau Konsep Video Clip-nya..

Lagu ini ada berbagai dalam versi. Versi original ato paling tua-nya ada, ya punya Obbie Messakh, sampe versi yang rada baru-an dikit punyanya Marshanda waktu jaman masih maen sinetron, dengan judul yang sama pula. Setiap penyanyi dan VC punya keunikan masing2 (entar, dibahas dalam sub bab yang laen), tapi kenapa pilihan gw jatuh kepada Chrisye, ya itu tadi, punya vokal yang khas, dan VC-nya juga bagus. Konsepnya jelas, seorang cowo culun yang naksir sama seorang cewe yang bisa dibilang termasuk cewe cantik di sekolah tersebut. Si cowo culun ini malu ngungkapin perasaannya, cuma sekedar nulis di kertas doang (gila curcolnya brow !!). Si cowo ini sebagai murid culun sering diledekin ato dikerjain sama cowo atletis di sekolahnya. Beruntung, cewe taksirannya menaruh perhatian sama dia... (bisa dibilang, hidup si cowo culun ini enak brow, uda pinter, ada yang meratiin, cuman kurang atletis sama laki "dikit" aja). 

Ya itulah, Kisah Kasihnya si cowo culun ini se-masa di sekolah.. Masa-masa paling indah :D 

Hal Menarik dari VC

Pertama, ya dari jalan cerita yang ditampilkan, sangat menggambarkan lirik lagu-nya, yakni kisah seorang cowo dalam mengejar cewe taksirannya.

Kedua, Chrisye yang dalam VC berperan sebagai "narator" (menurut gw ya) yang menceritakan kisah cinta si cowo culun lewat lagu. 

Ketiga, suasana sekolah yang ditampilkan, dengan beragam karakter anak sekolahan, mulai dari cowo culun, si cewe, pemain basket, cowo berandal, dsb.. Tentu penonton akan kembali diajak masuk ke lingkungan sekolah, terutama buat penonton yang uda dewasa dan kerja, bakal diajak kembali ke sekolah, nostalgia gitu deh brow..

Kisah Kasih di Sekolah, antara Versi Chrisye - Obbie Messakh - Marshanda

Rada menyimpang dari topik yang memfokuskan kepada Chrisye, akhirnya gw pengen ngebandingin 3 versi lagu Kisah Kasih di Sekolah (mengingat lagu ini, kayaknya cuma sekali aja gw bedah)

Pertama, versi original, Obbie Messakh. Dibanding Chrisye dan Marshanda, Obbie menyanyikan lagu ini sambil main gitar akustik. Versi akustik ini yang menurut gw menjadi ciri khas-nya versi Obbie. Dari segi VC-nya, cerita yang ditampilkan Obbie kurang kuat dari cerita versi Chrisye atau Marshanda. Kisah Kasih di Sekolah versi Obbie Messakh lebih mengedepankan hubungan kasih antara anak remaja tahun 80-an, tapi gak menampilkan latar di sekolah. Latarnya lebih ke sebuah villa (mungkin) yang ada taman, dsb. Mungkin pandangan orang jaman dulu, dimana anak SMA kalo libur ato nongkrong, pasti larinya ya ke sekitaran villa ato taman ato mungkin kawasan puncak. Menurut gw, lagu versi Obbie Messakh emang gak menampilkan latar sekolah, tetapi lebih ke masa-masa sekolah alias masa remaja gitu. Sekolah cuma menjadi penunjuk waktu atau umur seseorang, bukan latar. Makanya Obbie Messakh lebih mengedepankan kisah cinta anak muda, tap gak menampilkan kisah cinta anak sekolahan.

Kedua, versi Chrisye. Menurut gw versi Chrisye lebih ada kemajuan dibanding Obbie Messakh (jelas lah brow, keluaran 2000-an). Selain itu, konsep-nya, dimana Chrisye jadi "narator" juga tepat. Ya jelas lah brow, masa Chirsye udah tua begitu, disuru berperan sebagai anak sekolah kan gak cocok banget. Sisanya uda gw bahas di atas.

Ketiga, versi Marshanda. Marshanda menyanyikan lagu ini juga sebagai cover song untuk sinetronnya, dengan judul yang sama. Kalo menurut gw, setelah nonton VC versi Marshanda, VC-nya seakan masih ngegantung, masih ngambil konsep versi Chrisye yakni cowo culun yang punya gebetan seorang cewe, cuman bedanya, Marshanda berperan langsung sebagai murid sekolah. Kalo buat ukuran anak sekolahan, Marshanda cocok banget buat VC dan lagunya. Sayangnya, dalam VC diselipkan juga adegan-adegan dari sinetron yang "kurang" ada hubungannya dengan lagu. Menurut gw, ini nilai minus buat Kisah Kasih di Sekolah versi Marshanda.

Oke, sekian BEDAH LAGU kali ini.... Kalo nginget lagu ini, selalu kepikiran 3 tahun ke belakang, yang sayangnya gw gak "manfaatkan" dengan baik... Bentar lagi kuliah dan gak mungkin bisa dapet masa2 se-indah di SMA, apalagi lw tau sendiri brow, kuliah sibuknya gimana hahahahaha..

Terima kasih brow :)  

Komentar

  1. Misii saya baru masuk SMA, maksudnya menyia nyiakan masa SMA gmn ya? Dan memanfaatkan ny seharusnya gmn ya?

    BalasHapus
  2. Sorry baru bales brow... Gini brow, gw baru masuk kuliah, dan kalo lw mao tau kuliah itu berattt. Tugas banyak (kebanyakan tugas kelompok), maka komitmen itu perlu, terutama tugas kelompok.. Ulangan harian jarang banget, ujung-ujungnya numpuk di UTS-UAS. Tidur cuman 4-5 jam aja (ini aja uda bersyukur banget)..

    Kenapa SMA, belajar gak sebanyak dan seberat di SMA, jadi lw masih punya banyak waktu buat ngembangin potensi diri lw selain belajar dan belajar. Lw juga mash bisa punya banyak waktu buat bertemen, nongkrong dan becandaan sama temen2 lw..Ibaratnya lw bisa jadi keluarga sama mereka (kalo kuliah kompetitif banget brow.. pengen lulus cepet-cepetan)

    Lw juga jangan kayak gw pas SMA. Dulu gw ambis terlalu sibuk sama akademis. Meski berhasil, tapi gw gak terlalu bisa nikmatin masa2 nge-gila bareng temen2 gw, dan pas kuliah lw rada susah ngajakin temen2 lw buat nge-gila (ya gitulah gambarannya),,

    tq uda komen brow :)

    BalasHapus
  3. Nama pemeran video klip nya siapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama model video clip nya siapa yg cewe?? Kalau yg cowo kan Arifin putra...

      Hapus
    2. Kayanya bukan Titi Kamal deh

      Hapus
    3. Griselda Permatasari kalau ga salah...

      Hapus
  4. thank nice infonya sangat menarik, kunjungi http://bit.ly/2xJx72a

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru