September: Mulainya Perjalanan Baru

Post pertama di bulan September... Awalnya pengen post [FOTOGRAFI AMATIR] dan kasih liat lw pada hasil hunting yang gw lakukan di negeri orang...

Cuman.............

LAGI BENER-BENER GAK SEMPET BROW T_T !!!!!! 
Lw tau kan hidup seorang MABA gimana ???? Jadi anak baru di lingkungan kampus, ospek dan ospek, dsb... Ditambah lagi foto2 hasil hunting gw ada di laptop adek gw dan laptop itu di Jakarta brow !!! Sedangkan gw merantau dan mengurus di Depok brow !!! Dan post ini gw tulis lewat IPhone brow !!! Kurang melarat apa gw coba !! *melarat ??*

Jadi daripada gw gk ngepost sama sekali, jadi gw putuskan untuk ngepost soal kehidupan gw sebagai mahasiswa baru alias maba Universitas Indonesia (UI) :) jadi ya enjoy brow sambil nunggu [FOTOGRAFI AMATIR]

OBM 

Sebagai seorang maba, gw harus ikut Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM)... Gw pikir serius2 amet acaranya, tapi gak sama sekali brow.. Intinya OBM ini untuk mengenalkan kita cara belajar yg efektif di UI itu bagaimana..

Di OBM gw kenal temen2 baru brow, khususnya anak2 hukum paralel kyk gw ini.. Banyak anak2 FH par di grup OBM gw, dan anak FH pertama yg gw kenal adalah Mantaro Priatama, yang nantinya bakal jadi "maskot" FH UI 2014 *sumpah anaknya gokil abis*


Temen-temen UI pertama yang gw kenal :) 

Gak cmn soal OBM, gw jg mengenal kampus UI lebih dalam, ngenal betapa lamanya nunggu bikun d halte, dan pp pake commuter line mengingat gw belom jadi anak kost.. Berhubung OBM masih nyantai ya gw coba2 cari kost juga :)

Setelah OBM, baru gw pindah rumah... Kost baru di daerah kutek... Pulang setiap minggu, dan di kost bener-bener harus hidup mandiri. Mandi sendiri, nonton tv sendiri, makan sendiri, cuci sendiri, ngepel sendiri, pergi-pulang sendiri, dan tidur sendiri :|

Padus dan 17an

Tradisi UI dimana maba bakal jadi paduan suara buat senior yg bakal di wisuda membuat maba disuru latian padus sama pak Dibyo... Pak Dibyo mungkin jadi orang yang paling dikenal sama maba sebelum rektor UI sendiri (hebatnya pak Dibyo)... Pak Dibyo mungkin juga menjadi orang yang paling dikenal sama civitas academica UI... Beliau orang asik, lucu, cuman tegasnya bukan maen brow, apalagi menyangkut soal disiplin... 

Pak Dibyo pengen kita jadi orang yang terhormat brow dengan jadi padus buat wisuda.. Dan untuk itulah kita disuru nyanyi... 

Gak cuman latian padus, kita ketemu sama pak Dibyo pas 17-an brow, dan acaranya bisa dibilang meriah bukan maen... Mungkin ini upacara 17-an terakhir (bener2 terakhir mungkin)

Oh ya satu lagi, ada pula istilah yang ngegambarin latian padus bareng Pak Dibyo. Intinya jangan ngaku jadi anak UI kalo belom pernah latian padus sama Pak Dibyo.. Camkan itu !

PSAU dan OKK

Acara ini masih punya kaitan sama pengenalan kehidupan kampus.. Inti acara ini sih ya seminar, seminar, dan seminar.

Tapi pas acara terakhir OKK, luar bisa kita bikin mozaik kayak begini.. Mozaik yang terdiri dari 7000-an MABA UI, dan gw jadi pager betis buat lindungin mozaik ini.



UI 14 !!

PSAF dan PMH...

Inti dari blog dan segala kegiatan ospek yang menyita waktu gw buat blogging adalah PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas) dan PMH (Penerimaan Mahasiswa Hukum).

Ospek tingkat fakultas yang maha banyak tugasnya !! Nametag yang ribet, esai, esai, dan esai, makalah, makalah, dan makalah, dan tugas angkatan. Gw sampe gak pulang selama satu minggu gara-gara acara ini. Dalam tiga hati pula gw hanya tidur selama tiga jam.. Kalo lw tidur cuman tiga jam gara2 maen game online ato menikmati hiburan sejenisnya, gw malah ngerjain tugas brow !! Ibaratnya tidur hanya untuk orang yang lemah (tapi gw tidur juga)..

Tugas banyak brow seperti yang gw bilang sebelumnya. Nametag, kudu nganyam (meski gw nganyamnya pas saat2 terakhir), kudu cari bahannya pula, kuda bikin pola (sampe jari gw ke-cutter dsb). Kudu foto juga sama patung, satpam dan makara...


Patung Djokosoetono, dekan pertama FH UI


Makara


dan Pak Satpam yang bahkan belom kenalan

Esai pun begitu banyak, dengan setiap tema yang berbeda-beda.. Satu esai terdiri atas 4 lembar folio alias double folio. Gw sudah mengerjakan 14 esai (sampai tgl 14 September, jam 9 malam... PSAF-PMH-Mabim).. dan diperkirakan esai ini akan terus ditambah selama mabim :|

dan nilainya...


Hasil kerja keras dengan tidur cuman 3 jam :)
Nilai 100 itupun karena tugas punishment :)

Tugas laen ya kayak ngumpulin tanda tangan, dsb.. Acara inti ya seminar, ketemu komdis-komgas, presentasi, dan yang paling gokil.. AKSI man !! turun ke jalan !!


Ceritanya lagi nuntut PT KAI... 
Lagi-lagi jadi border :) 

Harus diakui acara ospek fakultas itu bukan capek maennya brow... capek tugasnya, capek mentalnya, capek hati pula... Tapi, hidup gak harus berpikir negatif kan brow ?? Justru dengan ospek kayak gini, banyak banget pelajaran yang bisa dipetik buat menjadi mahasiswa FH brow !! bagaimana struggle dan survive itu, semuanya diajarin selama ospek. Segala kerjaan dan tekanan pun pasti punya banyak esensi brow, entah disadari ato enggak.. serta gw harus mengakui itu.. Manfaatnya ? Gara2 disuru buat esai, buku teks sama pelajaran uda punya gambarannya beserta punya bukunya.. Buat esai pun juga mulai hati-hati.. Team work, uda mulai bisa belajar berkontribusi, Informasi soal kuliah, juga uda bisa didapet dan uda ada gambarannya dsb...Manfaatnya banyak banget brow.. dan ospek pun berlanjut dengan mabim selama satu bulan bersamaan dengan kuliah semester pertama...

Mungkin untuk urusan foto-foto selama PSAF dan PMH, gw harus meminta izin kepada temen-temen sekelompok, karena foto2 tersebut bagian dari salah satu tugas ospek....

Intinya selama ospek yang maha berat ini, gw dapet pengalaman baru, dapet temen baru (FH UI 14 dan artis di dalamnya), dapet hal-hal baru, dan segala hal yang baru.. Makasih banyak buat temen2 sekelompok sebagai temen seperjuangan, sepenanggungan, teman berbagi air mata dan darah (kata abang komdis).. Makasih juga buat bang Nanda dan mba Soraya selaku mentor yang gokil dan maha pecah, motivator dikala susah maupun senang seperti layaknya Mario Teguh :) 

Salut buat PSAF-PMH-Mabim.. Salut buat abang-mba... Salut buat temen2 FH UI 2014 !!
FH UI nan jaya, fakultas kami tercinta !

Dan Perjalanan Baru pun DIMULAI !!

Pasca kelar PSAF dan PMH, acara berlanjut pada padus buat wisuda angkatan 2010 (umumnya) dan dapet jakun a.k.a Jaket Kuning brow !! 

Make jakun (yang ternyata dirasa kekecilan dan salah ukuran) dengan makara merah di dada, membuat gw kembali membayangkan gw di masa lalu (flashback layaknya Captain Tsubasa)

Dimana gw pas MOS kelas 1 SMA, sebagai anak baru SMA St.Theresia berambut plontos, ditanya sama kakak kelas (yang nantinya jadi anak prasmul): "Gw mao tanya, apa alasan lw masuk SMA Tere ?".. Gw jawab: "Mao masuk UI kak !".. Lalu dia bilang: "Wah brow, jangan terlalu berapi-api dulu... Ngejalaninnya susah.." Emang susah, tapi bisa diperjuangkan :)... Begitu pula pas edufair gw sering diingetin sama Iluni Theresia UI: "Passing grade berat dek, tes masuk UI gak gampang.." Emang gak gampang brow.. Gak lolos undangan sama SBMPTN, ngebuat gw galau dua hari.. Tapi yakin aja sama Tuhan, mukjizat tetep ada :) Begitu pula gw ikut bimbel di bulan Juli 2013, tepat pas Liverpool maen lawan Timnas di GBK sampai Juni 2014... Bahkan emak gw sendiri pesimis gw masuk UI  sampai doa pak Prijanto dan mungkin guru2 SMA St.Theresia "nak, saya doain kamu masuk UI".. Sebuah pengalaman yang bikin gw sendiri speechless pas mengenakan jakun dan memandang gedung rektorat seperti foto yang diambil oleh anak vokasi berikut ini..


dan sebuah perjalanan baru dimulai...


tampak depan :)

Kesibukan saat ini, gw masih dalam proses mabim, kuliah, KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik), dan LK2 (Lembaga Kajian dan Keilmuan *masih proses*) Mohon doa untuk kelancaran tahun-tahun awal ya brow... Gw gak bisa kayak gini tanpa dukungan dari kalian semua..

*Masih ada banyak foto dari temen-temen ospek, dan temen-temen KMK FHUI :).. Cuman menunggu perijinan*

Okedeh mungkin itu dulu sebagai pengatara di bulan September.. Jujur aja gw gak tau kan bisa post hasil hunting, cuman gw akan usahain secepetnya... 

Akhir kata lewat post ini, gw gak bermaksud menyinggung siapa pun... Ini cuma sharing dari gw aja tentang pengalaman gw selama sebulan belakangan ini.. Keep positive thinking aja brow... :)
Terima kasih brow :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)