Dunia Kampus yang Maha Keras: Sebuah Cerita di Bulan Pertama Kuliah

Ok brow, di penghujung bulan September ini, rasanya cukup berat. Berat karena kalo gw ngeliat satu bulan kebelakang, yakni bulan pertama gw kuliah, ya bisa dibilang krusial brow..

Gimana gak krusial, satu bulan pertama dimana gw dipaksa gercep jadi mahasiswa dan belajar ala kuliah.. Padahal gw masih belom bisa move on dari kehidupan SMA yang begitu indah.. Selain itu, gw harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya sama angkatan 2014. Jujur, dengan jumlah kepala masing-masing anak di angkatan 2014 yang banyaknya bukan maen, masih ngebuat gw susah hapalin muka-mukanya. Namanya juga kuliah, antara Maba sama senior susah dibedainnya, terutama Maba yang bermuka tua dan senior yang baby face..

Bulan pertama yang berat, keras, dan krusial juga datang dari mata kuliah yang gw ambil di FH UI. Pertama ada ilmu negara dan PIH (Pengantar Ilmu Hukum) yang beratnya bukan maen.. Terutama PIH yang kemaren ini baru aja uda UTS.. Gila brow persiapan mulai dari seminggu nyicil sampe ikut tentir bareng bang Adri, seakan ngeblur pas gw dihadapkan dengan soal UTS :( *dan gw gak tau hasilnya gimana, pokoknya pasrah dan berserah aja sama Tuhan, gak dapet A gak apa-apa, yang penting gak dapet C-*... Ada juga MPKT A yang banyak maen-maennya cuman ya rada-rada gimana ya... MMI (Masyarakat dan Manusia Indonesia), mata kuliah yang terbilang enak, gak ada UTS dan UAS, setiap pertemuan cuman presentasi dan asal lw pinter ngomong dan berpendapat, dapet nilai plus... Cuman di MMI ini, setiap minggu kudu nyiapin esai, dan pas giliran kelompok gw maju, gw dapet laporan "bro, ada yang pake blogspot buat footnote.."

Seketika gw kaget bukan maen... Entah lw sadar ato enggak, lw ada jadi mahasiswa brow, bukan anak SMA lagi, dan FH UI amat teramat mengharamkan footnote ngambil dari (nih biar gw jelasin lagi ya): 1. Wikipedia
2. Wordpress
3. Blogspot
Barang siapa yang masih make ketiga refrensi itu, lw harus ikut PSAF-PMH lagi brow -__-, dan lw gak tau brow, ngerevisinya gimana... Makanya plis, jangan pake ketiga refrensi terlarang itu buat footnote..

Selain itu, ada pula MPK inggris, dan agama, dimana ya kalo mpk inggris, ya begitulah.. Denger-denger dari rumor sesama temen dari KMK FH (Keluarga Mahasiswa Katolik FH), kalo agama gak ada UTS dan UAS, dan gantinya, retret brow...

Post ini gw tulis di tengah kesibukan gw ikut LKMO, kayak trainingngya LK2 (Lembaga kajian keilmuan) sebagai BO yang gw ikuti.. Besok kelar dan jadi anggota LK2. Gw harap dengan ikut LK2, gw jadi bisa nulis esai, berpikir kritis, dan kasih manfaat buat kuliah..

Oke, demikianlah post seputar bulan pertama kuliah yang gw gak tau gimana hasilnya, terutama dari UTS PIH.. Gw berharap yang terbaik aja brow, dan tetep minta doanya dari kalian sebagai pembaca.. Jujur setelah UTS PIH, gw berpikir bahwa saat ini, yang penting gw survive dulu di FH.. Mao Cum Laude ato kagak ya itu bonus aja, yang penting buat yang terbaik meski gak sempurna.

Gw harapkan bulan kedua nanti, masih ada harapan buat gw survive dan menjalankan hidup di kampus, berikut bareng LK2 dan KMK FH.. Di bulan Oktober gw berharap jikalau ada UTS, diberi kelancaran, dan kalo bisa kembali ke almamater tercinta di tanggal 18 kalo gak salah, serta publish [FOTOGRAFI AMATIR]

Terima Kasih brow

FYI, ini post pertama yang gw tulis di Depok, sebagai "cabang" dari blog yang gw kelola di Jakarta.. Langsung dari kamar kos gw :)

Komentar

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Traveling mengasikkan, disini tempatnya:
    Explore Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)