Terima Kasih 1000 Viewers !!

Mengawali blog gw di bulan Juni, ditengah kesibukan nyiapin seleksi masuk PTN (setelah undangan gak dapet), gw ingin mengucapkan terima kasih atas tercapainya 1000 viewers !!

Post ini gw tulis sebagai ungkapan terima kasih atas 1000 viewers, seputar perjalanan blog ini sampe 1000 viewers, serta prospek ke depan yang harus gw ambil untuk laman blog gw..

Oke deh langsung masuk aja

Dari 16 Januari sampai 3 Juni

Hanpir 6 bulan sudah sejak pertama kali gw buat blog dan nge-post untuk pertama kalinya. Sebenernya ini bukan pertama kalinya gw nge-blog. Pas gw kelas 2 SMP, gw uda mulai nge-blog, itupun sekedar formalitas buat tugas sekolah. Baru-lah mulai kelas 3 SMA, gw mulai serius nge-blog sebagai hobi.

Di tengah perjalanan selama hampir 6 bulan ini, blog yang gw buat mengalami pasang surut. Awalnya gw seneng bisa mendapat 100 viewers pertama dalam waktu 1 bulan (menurut gw itu uda pencapaian bagus sebagai blogger amatir yang pertama kali nge-blog sejak kira-kira 3 tahun yang lalu). Di awali dari blog seputar gw sebagai introduction, ngomongin banjir Jakarta (liat lagi di: Mengenang Satu Tahun "Lautan Milo") yang waktu itu jadi berita utama di bulan Januari, sampai ketertarikan gw soal Flixel (lihat lagi di: Flixel: Era Baru Fotografi !) gara-gara nonton America's Next Top Model Cycle 20. 

Blog sempet gak ke-urus selama bulan Februari sampai April gara2 sibuk menghadapi ujian yang maha pecah.. Dari ujian praktek sampai ujian nasional, dimana nge-blog bener2 jarang. Posting gak sering (cuman 4 post dalam waktu 3 bulan), apalagi nge-share tulisan gw di sosmed. Pas bulan-bulan tersebut, gw hanya berhasil mendapat 300 viewers (rata2 defisit 100 viewers untuk standar 100 viewers per bulannya).

Beruntung gw sempet hunting di Ancol sekaligus dalam rangka foto yearbook (liat lagi di: [FOTOGRAFI AMATIR]: Hunting di Ancol !!). Beruntung pula ada "campur tangan Tuhan" dengan munculnya film Son of God yang sempet gw review (liat di: Son of God: 10 tahun Yesus sejak The Passion of The Christ...)

Di bulan April, setelah gw ujian nasional, gw mencoba membangun kembali blog yang sempet gak keurus dengan post seputar bedah lagu, dimana gw nge-review lagu dari Aerosmith dan Chrisye...

Berlanjut di bulan Mei, setelah liga Inggris berakhir, dan gw seorang kopites, gw pun membuat tulisan sebagai bentuk apresiasi dan kecintaan gw kepada klub bola yang uda gw demenin dari kecil, Liverpool, dengan membuat postnya. (liat lagi di: #Proud: Perjalanan "The Reds" di Musim 2013/2014). Bulan Mei gw  akhiri dengan jalan dan hunting lagi di Monas (liat lagi di: [FOTOGRAFI AMATIR]: Hunting di Monas !!) pas H-1 gw lulus SMA...

Semuanya berjalan begitu cepat :)

Statistik...

Ngomongin soal statistik blog gw sampai 1000 viewers, berdasarkan negara viewers, Indonesia menduduki peringkat pertama viewers dengan 726 viewers. Angka ini gw dapat seiring dengan intensitas gw nge-share di social media, dan temen2 dari Indonesia yang nge-baca ato nge-liat blog gw. Setelah Indonesia, di peringkat kedua ada AS dengan 156 viewers... Negara-negara lain masih sedikit, dengan masing-masing negara menyumbang viewers jauh dari 100 viewers (bener-bener jauh) dengan: Jerman (11), Estonia-Malaysia (@6), Bangladesh-India-Belanda-Venezuela (@2), dan Austria (1)..

Dari segi Browser, blog gw kebanyakan diakses lewat: Chrome (35%), Firefox (19%), Mobile Safari (14%), Opera (12%), Safari (5%), OS;FBSV (4%), Internet Explorer (4%), Mobile (2%), UCBrowser (< 1%), dan GSA (< 1%)

Sementara dari segi OS (Sistem Operasi), blog kebanyakan di akses dengan OS: Windows (46%), Android (15%), BlackBerry (12%), Macintosh (10%), iPhone (9%), iPod touch (1%), iPad (1%), Linux (1%), Nokia (< 1%), dan Android 2.3.6 (< 1%)

Dari segi post, 3 besar ditempati oleh Son of God dengan 258 viewers, Hunting di Ancol (75 viewers), dan Hunting di Monas (64 viewers). Dengan data ini, gw bisa mengenal apa yang viewers gw suka, dan tentunya gw akan berusaha membuat post yang ada di "dunia" ini..

Soal Son of God dan "Campur Tangan Tuhan"

Seperti yang gw jabarkan, Son of God mendapat perhatian terbanyak di blog gw. Meski cuman 258 viewers, gw yakin sebenernya angka ini bisa lebih. 258 orang yang negliat Son of God pasti nge-akses link atau URL Son of God secara langsung.. Soalnya bro, kebanyakan orang ngeliat blog gw dari home page-nya aja...

Oke, soal Son of God, gw sebagai orang beriman katolik meyakini ada "campur tangan' Tuhan dari post ini. Kenapa ? Pertama, Son of God gw buat pas masa pra-paskah... bertepatan banget dengan masa introspeksi diri, masa tobat, dan masa mendekatkan diri ke Tuhan. Kedua, kebetulan pula, film ini baru keluar di Hollywood, jadi gak ada salahnya gw review. Ketiga, mengingat Son of God adalah film tentang Tuhan Yesus, pastinya film ini adalah karya penyelamatan Tuhan di dunia modern, yaitu lewat film. Ke-empat, ide ngereview Son of God lahir saat blog gw sepi viewers gara-gara ujian. Pas gw post, viewers langsung ngelonjak (Bantuan Tuhan brow :D ) Terakhir, beberapa minggu setelah gw review, film Son of God diputer di Indonesia...

Bener-bener karya penyelamatan Tuhan :)

Ngomongin soal Hunting...

Lewat blog ini, gw bisa nge-post hasil hunting gw baik itu di Ancol atau Monas. Dengan blog, dan gw share ke social media, gw harapkan orang gak cuma sekedar ngeliat foto-foto yang gw hasilkan, tetapi orang juga memberi gw kritik dan saran, terhadap hasil dari hobi yang mulai gw jalankan ini. Sebagai orang baru di dunia fotografi, dengan kamera yang gak 100% slr, gw masih belajar, dan membutuhkan orang lain sebagai "pengajar" untuk gw. Selain itu, gw juga masih nyari pengalaman..

Beruntung, ada blog sebagai media gw dalam menyalurkan hobi gw, selain instagram...

Bocoran Post Berikutnya...

Buat bocoran, entah lw mao nyimak ato kagak, mao tertarik ato kagak... Dalam bulan Juni ini, gw bakalan jarang nge-buka blog ato ngurus mengingat gw masih belajar buat seleksi masuk PTN (meski uda lulus SMA dan jadi alumni). Tapi di akhir Juni sampe Agustus, ada peluang buat ngurus blog lagi.

Dalam jangka waktu 2-3 bulan dari sekarang, gw akan kembali hunting dan nge-post lagi di blog ini.. Kemana-kah gw hunting ?? Di tunggu aja brow :)

Bedah lagu tetep jalan dan tetep ada. Bedah lagu gw buat, ketika gw gak tau harus nulis apa di blog ini....

Tampaknya ada pula post soal Liverpool, terutama ketika permulaan musim kompetisi 2014/2015..

Mungkin segitu aja bocoran yang bisa gw kasih :)

Oke brow, terima kasih atas 1000 viewers-nya, makasih uda liat blog ini.. Gw tetep menunggu kritik, dan saran, serta penilaian dari lw2 pada terhadap blog gw, untuk kemajuan blog ini jadi lebih baik lagi...

Terima kasih brow :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)