Hal-Hal yang Siap Menyambut di Bulan Puasa...

Setelah sekian lama vakum dari blog karna ujian masuk PTN, dan puji Tuhan ujian masuk PTN uda kelar... Tinggal nunggu hasilnya (tolang minta doa brow, gw pengen masuk PTN....)

Pada post ini, dan berhubungan mao bulan Ramadhan alias bulan puasa bagi umat muslim, gw mao nge-share hal-hal yang cuman ada di bulan puasa, dan tentunya jadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia...

Meski gw bukan muslim, tapi gw exicted sama bulan puasa gitu brow... Alasannya ya karna.... (kita langsung masuk aja :D )

YANG SANGAT TERAMAT DIHARAPKAN
DI BULAN PUASA.....

1. Banyak Makanan...


Layaknya Mei-Mei (temennya Upin-Ipin) yang exicted banget sama bulan puasa gara-gara banyak kue, sekalipun dia bukan muslim, begitu pula gw yang exicted dengan kuliner puasa... Entah kenapa di bulan ini, yang seharusnya orang pada nahan makan, tiba-tiba pedagang makanan membludak, seakan berusaha "menggoda" mereka yang puasa... Tapi bro, kehadiran mereka penting banget, terutama buat orang yang gak sempet masak, ato gak sempet makan di rumah..

Makanan yang ditawarkan umumnya beragam,mulai dari kue-kue basah, es, sampe makanan berat ato lauk kayak gambar diatas, dan entah kenapa makanan yang muncul di bulan puasa rata-rata enak (enak ato laper ??)

Gak cuma buat konsumen, pedagang makanan seakan menjadi orang yang paling merasakan berkah di bulan puasa, dimana orang banyak yang beli, otomatis pendapatan makin nambah... Layaknya Mail yang jualan ayam goreng (lagi-lagi temennya Upin-Ipin)

2. "Genre" Sinetron yang Seakan Berubah 180 Derajat



Hal ini bener-bener musiman brow... 11 bulan dalam setahun, sinetron temanya pasti soal cinta-cintaan gitu deh, cinta-cintaan anak sekolah, cinta-cintaan manusia sama serigala, cinta anak orang kaya sama anak tukang becak, dsb... 

Bosen dengan tema yang itu2 aja, akhirnya demi meraih rating tinggi dan mengikuti tren pasar setiap bulannya, sinetron bertema religi pasti muncul di bulan ini, cuman di bulan puasa... Sebulan dalam satu tahun.. Meski gw kurang demen nonton sinetron, tapi harus diakui sinetron religi yang cuman muncul di bulan puasa lebih berkualitas dibanding sinetron reguler yang maen selama 11 bulan dalam satu tahun... 

Kenapa berkualitas, ya lw tau sendiri brow, banyak nilai-nilai agama yang bisa mendidik masyarakat, baik mendidik bagaimana manusia bersikap dengan Tuhan, atau bagaimana manusia bersikap dengan sesamanya... Kadang juga diselipkan adegan humor gitu bro jadi pemirsa gak terlalu serius nontonnya..

Beruntung bro, sinetron macem Tukang Bubur Naik Haji The Series, Anak-Anak Manusia, ato Mak Ijah Pengen ke Mekah bisa bertahan sampai sekarang, meski di luar bulan puasa.. Terutama Tukang Bubur Naik Haji, yang sudah bertahan hampir 3 tahun, dari jaman Mat Solar masih maen sebagai Haji Sulam, sampe Haji Muhidin jadi pemeran utama-nya (Haji Sulam uda mati bro)..Setelah bulan puasa pun, sinetron-sinetron tersebut tetep bertahan dan menyuasaikan suasana yang bukan lagi bulan puasa... Minimal dengan hadirnya sinetron-sinetron tersebut, bisa mengimbangi maraknya sinetron drama cinta remaja yang manfaatnya ya lw tau lah bro..

3. Banyak Diskon dan Promo di Restoran


Lagi-lagi, marketing strategy, hampir semua restoran memberikan diskon dan promo di bulan puasa, apalagi jam-jam buka puasa.. Tentunya dengan strategi macem ini, konsumen pasti bakal tertarik.. Inilah keunikannya dari bulan puasa bro, dimana orang-orang yang jarang makan enak di restoran tiba-tiba bisa berbondong-bondong makan di tempat kayak gini..

Cuman brow, dengan adanya diskon dan promo macem gini, resikonya ya bakal rame, ngantri lama, dan kenyamanan pasti terganggu.. Tap ya namanya juga bulan puasa, ya harus sabar bro, meskipun bisa ngantri sampe berjam-jam dan lewat waktu buka puasa..

4. Perang Sarung !!


Ini brow yang jadi keunikan kalo lw lewat jalan-jalan deket masjid, mao lagi jalan ato nyetir.. Selalu aja bocah-bocah pada stand by di deket masjid, mau itu sholat tarawih uda kelar ato belom.. Biasanya mereka bergerombol, dengan baju koko dan peci, yang awalnya serius mau sholat, lama-lama jadi bosen, dan akhirnya maen..

Hal yang sering gw liat, dan hampir ngebuat mobil gw rem mendadak adalah perang sarung... Bocah-bocah ini seakan tawuran brow, dengan sarung yang mereka lepas, di simpul dan dibikin "gebukkan".. Cara maennya ya cambuk-cambukkan gitu, sambil kejar-kejaran.. Biar kata ngeliatnya asik, tapi tetep bahaya brow kalo maen di jalan, dan buktinya kejadian rem mendadak tadi... Cuman dengan permainan ini, ya tali silaturahmi tetep terjaga, meski permainan ini musiman..

5. Perang Petasan



Sama halnya dengan perang sarung, dan di lokasi yang sama, anak-anak suka banget perang petasan.. Tapi gak sampe lempar-lemparan segala, paling gak di lempar ke jalan ato ke udara.. Biasanya bocah-bocah pada pamer brow, nunjukkin keunikan petasannya masing-masing, mulai dari petasan segede cabe, petasan yang bewarna-warni, sampe yang punya bunyi kayak orang kentut.. Kadang ada juga yang pake bambu mercon apalah namanya itu..

Kebisingan petasan makin menjadi-jadi kalo uda mao mendekati hari raya, terutama malam lebaran.. dan bisa dibilang merekalah pelopornya...

6. Makin Hari-H, Jakarta Makin Sepi


Ini dia brow yang paling kerasa kalo mao puasa dan lebaran... Jakarta sepi brow, orang2 pada mudik.. Gw sendiri pernah mengalaminya pas lebaran tahun 2012, dimana gw gak kemana-mana, stay di Jakarta, dan kerasa banget brow.. Mao jalan-jalan gampang, ke mall gampang, cari makan gampang, dsb.. karna bebas dari macet browwww..

Cuman ya efeknya di arus balik, urbanisasi nambah gila.. Jauh lebih banyak orang yang melakukan urbanisasi dari pada ruralisasi

7. Musim Baru Upin-Ipin...



Satu hal yang khas banget di bulan puasa, ya Upin-Ipin lah brow apalagi.. Sejak kemunculannya di TPI (sekarang MNC TV), Upin-Ipin seakan jadi tontonan wajib buat ngisi ngabuburit.. Jujurnya aja bro, gw pribadi lebih suka nonton Upin-Ipin ketimbang sinetron segala macem.. Sebagai tontonan anak-anak, ya banyak banget nilai-nilai kehidupan dan agama yang bisa di petik dari Upin-Ipin..

Biasanya brow, setiap bulan puasa, Upin-Ipin selalu hadir dengan episode baru, jadi ya kagak bosen tu kartun di ulang-ulang terus (mungkin gw hampir hapal ceritanya).. Ceritanya yang lucu dan banyak manfaat serta nilai pendidikan cocok banget buat penontonnya, mao dari anak bocah, sampe bocah yang beranjak tua kayak gw ini..

8. Membayangkan Jalan-Jalan


Ini dia brow hal yang nge-buat gw exicted banget sama bulan puasa. Selain suasanya yang bener-bener islamis dan kekeluargaan banget, gw juga suka menghitung hari menuju hari raya, dan selama masa ini, selalu terekspetasi jalan-jalan... 

Sedikit mini travelling tips buat yang mao jalan-jalan di hari lebaran dan merencanakannya baik jauh-jauh hari sebelum lebaran ato pas bulan puasa, berikut tipsnya..

1.Buat lo yang pengen merasakan suasana lebaran sambil jalan-jalan, pergi aja ke tempat wisata sepanjang jalan pantura, atau jawa bagian tengah.. Cuman ya resikonya, siap-siap aja bermacet ria mengikuti arus mudik..

2.Buat lo yang pergi bareng temen-temen ato keluarga kecil, tapi kantong gak tebel, daerah Puncak-Bandung merupukan tujuan yang pas.. Tapi ya siap-siap macet juga brow, mengikuti arus liburan..

3.Buat lo yang males kemana-mana, keliling-keliling Jakarta juga pilihan yang pas.. Jalan kagak macet, dan kantong memadai.. Resikonya, ya layanan serba minim, terutama kuliner, karna tukang makanan entah pada mudik ato tutup hari raya..

4.Buat lo yang punya kantong tebel tapi gak bisa ke luar negeri, pulau Bali pilihannya brow.. Meski suasana lebaran gak kerasa, dan cuman kerasa lewat TV lokal, Bali tetep tempat paling cucok buat liburan. Resikonya, ya Bali bakal rame banget... Siap-siap berame ria untuk menikmati tempat wisata..

5.Buat lo yang punya kantong tebel, tetep pengen merasakan suasanan lebaran, dan pengen ke luar ne negeri, Malaysia pilihan yang tepat, apalagi maen di kota Kuala Lumpur. Malaysia juga punya tradisi mudik, makanya KL gak terlalu macet kalo lebaran.. Suasana lebaran juga kerasa banget.. Selain Malaysia, Brunei Darussalam juga pilihan. Buat tetangga Malaysia yakni Singapura, gw sarankan tempat ini kurang tepat buat kalian, kaum pelancong tipe nomor 5.. Pengalaman gw ke Singapur tahun 2010, lebaran kurang kerasa.. 

6.Buat lo yang punya duit banyak, tebel, dan lebih, negara-negara Asia Timur, Mediterania, Eropa, dan Amerika merupakan pilihan buat yang berkocek tebel.. Namun, boro-boro brow, suasana lebaran kerasa.. Kagak berasa sama sekali di tempat yang mayoritas orang kulit kuning sama orang kulit putih.. Untuk wilayah Mediterania, Turki merupakan pilihan yang tepat kalo lw pengen merasakan suasana lebaran..


YANG SANGAT TERAMAT TIDAK 
DIHARAPKAN PAS BULAN PUASA...

1. Ludah Dimana-mana..


Ini dia brow, ranjau yang berlipat ganda di bulan puasa... LUDAH !! Puasa kan gak boleh makan-minum brow, termasuk minum ludah sendiri.. Solusi biar gak keminum ludah sendiri ?? ya dibuang brow..

Buang ludah sih gak masalah brow, cuman tempat nge-buangnya itu yang patut diperhatikan.. Tampaknya, masyarakat kita belum punya kesadaran betapa pentingnya nge-jaga kebersihan lingkungan brow.. Ya jadi inilah hasilnya.. Ludah dimana-mana.. Buat pejalan kaki, hati-hati dengan ranjau saliva ini !!

2. Jam Pulang Kerja yang Makin Siang



Jam pulang kantor di Jakarta yang biasanya dimulai dari jam 5 sore, akan berbeda manakala bulan puasa datang.. Jam pulang kantor bisa lebih maju 2-3 jam, dan tentu berakibat pada macet yang tak bisa dihindarkan.

Biasanya brow, macet terkonsentrasi pada kawasan restoran dan pasar, misalnya daerah benhil, kemang, pecenongan, dsb.. Tampaknya kaum pekerja yang sudah berbuka, ada yang lekas kembali ke kantor, dan tentunya hal tersebut membuat jam macet lebih panjang..

3. Ngantri Makan yang Menggila...


Jam makan pada bulan puasa tampaknya sama saja dengan jam makan malam pada umumnya, yakni sekitar jam 6 sore.. Namun, antrian pada bulan puasa bisa dimulai sebelum jam 6.. Antrian kadang bisa dimulai 1,5 jam sebelum waktu berbuka dengan alasan agar tidak kehabisan makanan..

Kadang brow, pernah suatu hari waktu gw jalan-jalan di sebuah mall, orang sudah mulai ngantri makanan mulai dari jam 4 sore.. Sesudah mendapat makanan, pembeli yang bersangkutan hanya duduk nungguin waktu berbuka... Ngeliatin makanan... (sumpah ni orang imannya kuat banget).. Meski memastikan bisa menikmati hidangan berbuka puasa, tapi makanannya kan uda kurang enak gitu brow.. Tampaknya prinsip "sehat ato enggak bukan masalah, yang penting bisa makan" masih dipegang teguh...

4. Sweeping: Menghormati Orang Puasa, atau Memaksa                 Berpuasa ??


Bukan jadi rahasia lagi kalo setiap puasa, ada aja ormas yang mengadakan sweeping.. Ok brow, kalo sweeping tempat jualan miras, tempat dugem, hiburan malam, ato sarang prostitusi gw mendukung.. Namanya juga bulan penuh berkah, sebuah bulan yang suci buat umat muslim, tentu hal-hal seperti ini patut di dukung..

Tapi brow, amat teramat disayangkan jika sweeping yang dilakukan bertujuan untuk menutup tempat-tempat atau warung makan, terutama industri makanan yang berbasis UKM (usaha kecil-menengah).. Alasannya sih simple aja bro: Menghormati orang yang sedang berpuasa..

Menghormati orang yang puasa gak salah brow, cuman mesti diinget brow, Indonesia is not just islam.. Kita ini negara yang multikultural.. Islam memang mayoritas tapi agama di Indonesia, gak cuman islam doang. Pada bulan puasa masa orang yang non-muslim di paksa untuk berpuasa ?? (tanya mengapa)

Sweeping itu sebenernya "menghormati" atau "memaksa" orang puasa ?

Oke deh brow, demikian blog gw... Selamat menunaikan ibadah puasa buat yang menjalankannya.. Sampai ketemu di hari raya nanti..

Terima kasih brow :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)