Flixel: Era Baru Fotografi !

Tujuan penulisan gw di post ini simpel aja.. 1.Pas cek sama mbah Google, hampir gak ada blog yang membahas soal Flixel. Mungkin blog gw pertamax dalam ngebahas Flixel (mungkin)  2.Gw nonton America's Next Top Model cycle 20 (Meski gw uda nonton ANTM sejak cycle 17 *mungkin* *cupu amet gw*), dimana mereka menggunakan Flixel dalam acara mereka...

Langsung Aja ya....



Apa Itu FLIXEL....

Bayangkan sebuah foto/gambar, tapi ada bagian dari foto tersebut yang bergerak2 sendiri. Misalnya, lw foto sama kucing lw. Oke, dalam foto itu, pose lw tercetak, tapi kucing lw gerak2 sendiri.. Loh kok bisa ?

Foto yang dihasilkan oleh Flixel, bisa bergerak sendiri, ato bahasa kerennya "Living Photos".. Tapi apakah Flixel hanya sekedar foto bergerak ? (kadang banyak orang salah paham)

Jadi Flixel adalah (versi gw) suatu aplikasi yang hanya bisa di download di app store (versi web-nya: www.flixel.com), dimana aplikasi ini berbasis teknologi fotografi motion ato bergerak (buset deh bahasa gw jelek amet).....

Aplikasi Flixel di app store ini sudah ada sekitar beberapa bulan lalu (sejak ANTM 20), dan populer, tentu dengan sukses acara tersebut pula, mungkin di Indonesia masih jarang mengingat instagram begitu pasaran.

Contohnya deh

Gw kasih contoh aja lah, daripada lw pada bingung sama bahasa gw yang berantakan (maklum anak fotografi amatir yg masih belajar, dan gak punya satu pun gadget apple ato android)




Liaaat  brooow asep, tulisan, dsbnya.. welcome to FLIXEL !!! (tampaknya video sudah cukup menjelaskan semuanya)

Susahnya Pake Flixel

Flixel adalah bukti betapa majunya dunia fotografi saat ini, yakni dengan "Living Photos" yang dihasilkan. Namun untuk membuat foto hidup bukan perkara gampang.

Foto hidup melibatkan 2 komponen yakni Foto (still) dan Video (motion). Ibaratnya dengan flixel, foto dan video dapat dihasilkan secara bersamaan. Nah, hal ini membuat Flixel butuh profesionalitas dan kesabaran ekstra buat penggunanya. Kesulitan dalam menggunakan flixel:

1.Buat model ato subjek fotografi (orang yang mau di foto), mereka harus pose 2 kali, yakni buat foto dan video. Kalo foto yang bisa2 aja, cuma sedetik, gambar uda dapet. Nah yang sulit adalah kesabaran untuk menunggu video selesai. Bayangin aja lw harus berpose selama lebih dari 30 detik sampe 1 menit, demi mendapat bagian foto yang hidup (kayak asap di video tadi), pegelnya itu gimana coba, "mematung" sampe 1 menit-an, apalagi kalo yang di foto model, kudu berpose segala...

2.Buat fotografer, tentu bukan perkara gampang. Flixel digunakan dengan gadget apple macem Iphone, dan Ipad (app store), tapi untuk fotografi skala profesional dan untuk mendapat kualitas foto yang bagus, penggunaan Ipad tentu lebih disarankan. Susahnya tentu dengan menggunakan ipad yang bentuk kotak dan lebar itu, terletak pada tangan kita sebagai fotografer, gemeteran, dan suka goyang alias gak stabil. Makanya fotografer harus sabar dan kuat-kuatnya menjaga kestabilan posisi Ipad.

3.Foto udah, video udah, tantangan berikutnya adalah bagaimana caranya meng-edit atau menyatukan kedua komponen tersebut menjadi satu kesatuan. Kalo foto sih gak begitu masalah mengingat sifatnya yang still itu, tapi soal video... butuh lebih banyak belajar lagi. Kita harus sering coba-coba, belajar, dan menguasai dulu program editing video dalam Flixel... Selain itu, gak mudah juga editing bagian-bagian tertentu yang masih menyatu sama foto still. Contohnya, kayak seorang model yang lagi difoto, tapi lw ingin membuat rambut sang model bergerak ketiup angin. Bukan perkara gampang, membuat foto si model yang still dipadukan dengan rambut yang bergerak ditiup angin.

Solusinya....

Paragraf diatas menjelaskan betapa sulitnya pake Flixel. Menyadari hal-hal tersebut, Flixel memberikan fasilitas "Thumbs Up Indicator" dan "Timer".

Solusi thumbs up indicator seperti penunjukan stabilitas. Aplikasi ini akan menampilkan seberapa stabilkah kita sebagai fotografer dalam menjaga kestabilan posisi potret (aduh bahasanya). Kalo kita stabil katanya ada tanda jempol (dimana-lah itu, gw belom pernah pake Flixel, jadi ya kagak tau). Kalo tanda jempolnya bertahan dari awal sampe akhir pemotretan atau take video, hasilnya tentu bisa kita prediksikan "bagus". Tapi kalo jempolnya gak keliatan, hasilnya bisa dibilang kurang bagus.

Soal timer, ya mudah sebagai penunjuk waktu, terutama saat take video. Aplikasi ini berupa timer hitungan mundur dalam pengambilan video. Ya jadinya kita bisa lebih jelas dan terbantu kalo mau "merekayasa" sebuah video

Selain itu, ada pula kemudahan Flixel yang lain yakni bisa edit foto dan video yang berupa data. Misalnya lw sebagai fotografer me-motret dan meng-video-kan objek dengan kamera, mau digital kek, slr kek, ya teserah lw. Enaknya adalah, hasil yang ditangkap kamera (baik digital ato slr) pasti foto/video berupa data kan.... Data tersebut bisa dimasukin ke Flixel untuk di-edit...

Mungkin, kalo lw seorang pemula, lw bisa melakukan hal sederhana ini dulu:


Nah, ini buat yang uda Pro:



America's Next Top Model Cycle 20

Pertama kali liat Flixel, tentu dari acara ini, America's Next Top Model Cycle 20 yang Guys n' Girls. Biasanya, anak-anak cewek suka nonton acara ini karena: 1.Cantiknya si model 2.Suka sama modelling 3.Suka fashion 4.Suka make-up, 5. Ada dramanya. Tapi bagi gw, sebagai seorang cowok, cuma ada 2 alasan mengapa gw suka acara ini: 1.Hasil akhir fotonya (fotografi, termasuk Flixel) 2.Model cewe lah brow (gw laki-laki yang sangat sibuk dengan sekolah dan kerjaan, buat cuci mata selama 1 jam :D )

Oke, ngomongin Flixel dan ANTM, pertama kali Flixel dipake di ANTM 20, dan Tyra Banks, pembuat sekaligus juri dari acara ini mengakui bahwa Flixel sebagai terobosan baru dunia fotografi dan modelling. Buktinya, setiap foto yang dibuat di Flixel membuat foto menjadi realistik, seakan hidup, dan ekspresi dari si model itu bener2 keluar (bahasa gw terlalu berlebihan kayaknya).

Mengingat ANTM menggunakan jasa fotografer profesional, tentu foto2 Flixel mereka spektakuler...

Ini dia Behind The Scene dari ANTM 20 soal Flixel....





Kalo mau liat contoh dari foto2 Flixel, bisa liat di instagram flixelphotos ,

klik link iniInstagram Flixel Photos

Sumpah fotonya keren-keren !!!

Sekian dari gw, terima kasih, semoga bermanfaat :D

Komentar

  1. lif flixel di iphone harus bayar yah kalau mau uploaad, kirain gratis zzzz

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)