[FOTOGRAFI AMATIR]: Hunting di Fatahillah !!


Prolog

Jadi setelah sekian lama vakum karena banyaknya kerjaan yang tak henti gw pun menyempatkan diri untuk kembali mempost [FOTOGRAFI AMATIR] dan hunting kali ini berlokasi di salah satu ikon ibu kota Jakarta... Bukan monas (kemaren udah hunting disana), bukan mall-mall, bukan daerah kemang, tapi Museum Fatahillah a.k.a Museum Sejarah Jakarta (bukan kota tua.. Fatahillah bagian dari kota tua)...

Hunting gw di bekas kantor gubernur era jaman kolonial belanda ini dikarenakan satu hal... yakni gara-gara UTS MPK Fotografi !!!... Bukan sekedar jalan-jalan, pelepas penat, dsbnya, tapi gara-gara ujian vrohh !!! Disuru bikin photo story dimana gw gak tau kriteria photo story yang baik menurut dosen gw yang gokil itu kayak gimana....  

Jadi hunting di Fatahillah ini benar-benar dilakukan dengan persiapan yang sangat mendadak.. Baru terbesit rencana hunting pada H-1 hunting serta kamera prosumer atau semi dslr yang biasa gw pakai yakni Canon Powershot G12 yang ketinggalan di rumah memaksa gw hunting dengan iPhone 5S... Ibaratnya gw megang hp selama hunting kayak megang "lemper" (sarcasm ala dosen fotografi). Beruntung aja, pada hunting kali ini, gw uda mendowload VSCOcam di app store karena rasa penasaran gw banyaknya #VSCO atau #VSCOcam di Instagram gw, jadi ya coba-coba pake VSCOcam untuk pertama kalinya, dan hasilnya.... seperti foto-foto dibawah ini. 

So, kita mulai aja... 


Hari Nyepi di Fatahillah

Hunting di Fatahillah bertepatan dengan hari raya nyepi sekaligus juga weekend. Jadi uda pasti, tanggal merah dan weekend, Fatahillah maupun kota tua secara umumnya dibanjiri oleh penduduk ibu kota yang ingin melepaskan penat pasca bekerja selama satu minggu.

Perjalanan gw tempuh dengan naik bus transjakarta (bukan bus way). Naik dari halte Sarinah turun di halte Kota..

Memasuki kawasan Fatahillah yang ditandai dengan berdirinya bangunan-bangunan tua, pemandangan inilah yang gw dapat...



Crowded....



Pejalan kaki dan pedagang kaki lima
Saling berebut tempat di lantai keramik..


Barisan restoran dan cafe



Menembus lautan manusia..

Pose Cantik Gouverneurskantoor

Setelah menembus lautan manusia yang benar-benar crowded, sampailah gw di alun-alun Fatahillah, sebuah lapangan luas yang menjadi saksi sejarah peradaban kota Jakarta berikut kehidupan penduduknya dari masa ke masa..

Dalam mengabadikan taman serta balai kota, gw dihadapkan pada dua tantangan yang besar, yakni:
  1. Suasana yang benar-benar rame... Hari libur, kadang objek yang seharusnya cantik jadi gak cantik gara-gara aktivitas maupun sampah.
  2. Cuaca yang labil. Pas gw dateng (jam 12-1 siang) cuaca mendung ala jam 4-5 sore, namun terik kembali.
Untuk tantangan nomor satu ya gw gak bisa berbuat banyak. Namun, tantangan tersebut bisa membuat gw mengabadikan human interest atau aktivitas manusia...

Tantangan nomor dua membuat gw bereksperimen dengan VSCOcam... Ibaratnya cuaca mendung bisa dijadiin cerah dan suasana terik bisa dijadiin lebih adem... 

Berikut ini pose-pose cantik kantor gubernur dari berbagai sudut..




Fatahillah




Kunjungan di hari libur


Semuanya membaur menjadi satu


Fatahillah dari jauh


Mendekati kantor..


Low angle Gouverneurskantoor



Fatahillah dan kaki pilarnya



The Gouverneurskantoor



Berkibar..


Berkibar 2


Fatahillah in grayscale

Keramaian Alun-Alun Kota

Seperti yang gw bilang sebelumnya, weekend sekaligus hari libut nasional membuat kunjungan ke lokasi wisata ini benar-benar ramai... dan keramaian inilah yang terekam oleh kamera iPhone 5S gw..


Alun-alun Batavua


The Plaza..


Keramaian di dekat moncong meriam


Foto Pano..


Keramaian alun-alun


Berada di tengah-tengah keramaian


Selfie


Melepas penat


Piknik ??


Pancuran


Bermain gelembung


Perpustakaan mini

Menyambung Hidup di Fatahillah...

Selain menjadi saksi bisu sejarah ibu kota Jakarta dan pemerintahan kolonial Belanda, Fatahillah juga menjadi saksi bisu dari orang-orang yang menggantungkan nasibnya pada sang kantor gubernur.. Mungkin, inilah sebagian kecil potret mereka..



Tongkat Nasris


Fatahillah dan pedagang kaca mata


Mengayuh dan ,enunggu anak-anak bermain



Kerak Telor


Pedagang pecel


Mainan kayu yang termakan zaman


Melayani pembeli


Boneka kayu


Musisi jalanan


Menanti rezeki


Upin-Ipin


Rezeki hari ini


Sang jenderal dan fatahillah


Pose sang jenderal


Failed !!
(kata dosen gw, foto ini seharusnya bagus... Andaikata gak ada tangan yang terpotret)



Manusia batu yang menanti rupiah


Manusia batu di balik layar


Promosi sang tukang obat 

Gedung-Gedung yang Menemani Kantor Gubernur

Seperti yang gw bilang sebelumnya, Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah merupakan bagian dari kota tua, jadi didekat-dekat museum tersebut terdapat banyak bangunan-bangunan tua yang menjadi bagian dari sejarah peradaban manusia Jakarta tempo dulu.. 
Gedung-gedung ini hanyalah sebagai kecil dari potret Jakarta tempoe doeloe


Tua, karat, dan reot


Museum wayang in grayscale


Museum wayang


Kantor pos


Brievenbus


Grayscale brievenbus


Cafe Batavia


Masih di Cafe Batavia

Low angle cafe batavia




Si jagur dan kantor pos


Gagahnya si jagur


Kepalan tangan si jagur dalam grayscale


Duduk-duduk santai di atas peninggalan sejarah
(sungguh terlalu)


Etc.....

Foto-foto ini merupakan foto dari hal-hal yang bisa menjadi objek menarik dalam mengabadikan Fatahillah beserta dinamika manusia di dalamnya..


Bokeh bunga kertas




Masing ngebokeh


Pemangkasan


Lampu plaza fatahillah


Warna-warni ontel


Topi kompeni


Ontel in grayscale


Topi-topi pelengkap ontel


Mejeng di atas ontel


Ontel, balon, dan kerumunan manusia


Terbang


Fatahillah dan ondel-ondel

Kesimpulan...

Demikianlah hasil hunting gw di Fatahillah... Hunting ngegembel dengan kamera HP dan aplikasi VSCOcam.... Sayang banget gw gak bisa bereksperimen dengan G12  serta persiapan hunting yang bener-bener belum matang...

So kesimpulannya..

  1. Cuaca labil. Bener-bener harus pinter maenin VSCO untuk ngedit (meski gw orang baru dalam urusan VSCO)
  2. Hasil hunting membuat gw mengambil kesimpulan kalau waktu yang recommended untuk hunting di Fatahillah adalah pagi (untuk fokus motret arsitektur bangunan) maupun sore saat sinar  matahari gak terik-teriknya (untuk fokus motret human interest - keramaian)
  3. Untuk di Fatahillah sendiri, interaksi dengan manusia termasuk kunci keberhasilan hunting
  4. Untuk editing VSCO biasanya gw maenin di Exposure, Contrast, Sharpen, dan Saturation, Keempatnya benar-benar bisa membuat gw memanipulasi cuaca, namun dalam mengedit dengan VSCO, plis... jangan berlebihan (ibarat orang pake make up secara berlebihan hasilnya jadi menor)...Untuk filter sendiri, gw gak pernah pake filter kecuali untuk foto grayscale. Btw, kalau ada yang mau komentar soal editan VSCO gw monggo yaa... Gw juga masih belajar pake VSCO dan komentar dari temen-temen akan gw jadikan masukan supaya editan gw bisa lebih banggus lagi :)

Terima kasih atas perhatian kalian semua, para viewers.. Gw tentu masih mengharapkan kritik, saran, dan komentar dari temen-temen agar hasil foto gw menjadi lebih baik lagi kedepannya..

Sampai jumpa di [FOTOGRAFI AMATIR] episode berikutnya... :)

Oh ya follow juga instagram gw: @alfiananditya 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)