Alasan Mengapa Ujian Nasional "Mudah" Ditaklukan

Akhirnya sempet juga nge-blog, Blog pertama di bulan Maret, dan kebetulan abis Ujian Sekolah.... Gila saking sibuknya ujian gw baru sempet post di pertengahan Maret.. Mumpung masih dalam suasana serius, dan bentar lagi UN, akhirnya gw buat post yang SERIUS, belom ngebahas soal traveling kek, fotografi kek, film kek, dsb.... Mumpung juga gw bakal bagi motivasi dikit buat lw pada yang bakal ikut UN.......

Ok, bentar lagi UN, semuanya harus disiapin, bahkan uda disiapin dari September mungkin, Oktober mungkin, dsb. Tapi masih ada juga yang khawatir "Gimana gw UN entar ??" "Lulus kagak ya ?" dsb, meskipun ada yang memotivasi dirinya sendiri "Pasti Lulus" Begitu pun gw, sebagai ketua kelas, selalu bilang ke anak-anak kelas gw: "Gw yakin 100% anak-anak kelas gw bakal lulus" (Amin deh brow, rasanya berhasil dan seneng kalo bisa mimpin satu kelas berhasil lulus dan keluar SMA)...

Sebenernya nih brow, lu gak perlu khawatir, kalo persiapan lu uda mateng, apalagi dari jauh-jauh hari, seperti alasan-alasan gw dibawah ini... Kita mulai aja ya...:

Try Out yang Bejibun

Ini dia alasan pertama gw kenapa kita, sebagai peserta UN harus yakin 100% bisa lulus... Mungkin ada sekolah yang mulai TO sejak September ato Oktober, dan sepanjang bulan itu, mungkin uda 5-6 kali TO.. Ditambah lagi, ngebahas soal-soal TO tahun2 sebelumnya ato soal dari buku2 UN yang gede dan banyak di jual di toko buku.

Kalo gw boleh nanya neh, "Brow, sebenernya lw enek gak sih di kasih soal terus ?? Pelajarannya, itu2 aja, materinya itu2 aja, soalnya itu2 aja..." Pastinya cuma lw aja yang tau jawabannya.

Tapi bagi gw, sumpah gw enek, dan bosen sama soal TO.... Itu2 aja brow soalnya.. Mungkin hampir semua anak mengalaminya.. TO pertama awalnya bingung mao belajar apa, belajarnya gimana, dsb.. TO pertama pada panik takut nilai jelek, dsb...

Tapi pas mulai TO akhir menjelang UN ini, gw mulai menemukan anak2 yang bahkan gak belajar sama sekali, mau H-1 TO atau menit2 terakhir menjelang TO... Bahkan cenderung nongkrong, becanda, dsb... Mengapa bisa terjadi ? Kenapa bisa kontras antara TO akhir sama TO pertama ?

Ya inilah akibat dari rasa enek lw, sama rasa bosen lw akan soal2 TO... Banyaknya TO seakan membuat soal2 dan SKL secara otomatis "ke-rekam" di otak lu, apalagi soalnya itu2 aja..

Dengan soal yang begitu2 aja, tentu lw bisa memperbaiki kekurangan lw akan suatu soal, dan nantinya, lw gak bakal kesulitan pada soal yang menjadi "momok" lw pas UN. Contohnya pas TO pertama, anak2 pada gak bisa ngerjain soal pajak, mao PBB ato PPh... Tapi sekarang pas musim TO akhir, sebagian besar anak2 pada lancar ngerjain soal pajak.... Liat, itulah hasilnya kalo lw terus belajar dari kekurangan lw pada setiap TO-nya.

Kesulitan Try Out > Soal Ujian Nasional ?

Entah kenapa opini ini selalu muncul pas gw mao menghadapi UN, entah itu 9 tahun yang lalu, ato 3 tahun yang lalu... Mungkin ini juga yang dialami oleh anak-anak lain.

Orang yang dapet nilai TO 4 atau 3, bisa dapet nilai 9 pas UN... Orang yang seakan gak punya harapan lulus karna nilai TO-nya jelek, bisa dapet nilai 9 bahkan 10 pas UN.

Intinya brow, jangan panik dulu kalo nilai TO lw jelek.... Try Out cuma gambaran UN dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, meskipun soalnya masih dalam satu SKL yang sama...

Kalo seandainya TO pertama lw dapet 5 atau 6, jangan keburu panik... Seringnya TO membuat lw semakin berkembang, dan nilai lw, perlahan namun pasti menjadi lebih baik, puncaknya pas UN... Sementara buat lw yang sampe sekarang masih dapet nilai dibawah 40 (standar kelulusan UN per mata pelajaran), gw saranin lw harus ekstra kerja keras brow.. Meskipun soal UN dinilai lebih mudah dari TO, tapi gak ada salahnya kan jaga2 :)

Kebanyakan Nge-Bahas Soal....

Dari jauh-jauh hari dan menjelang UN kayak gini (abis US) sekolah uda gencar-gencarnya ngebahas soal UN dan TO... Sama juga kayak kasus TO, nge-bahas soal melulu ngebikikn kita jadi enek dan bosen.. Dan sama dengan kasus TO, efek dari ngebahas soal secara bejibun juga sama bagusnya, ngebuat materi seakan otomatis terekam di otak...

Selain itu, kalo lw bijak dalam memanfaatkan waktu ngebahas gini, tentu lw akan menggunakannya buat nanya materi yang masih jadi kesulitan lw pas ngerjain TO... Tentu dapet pengetahuan dan memperbaiki kesalahan juga kan brow....

Enek karna nge-bahas soal pas pelajaran belom seberapa brow, dibanding anak-anak yang ikut bimbingan belajar (Bimbel), baik itu bimbel yang sengaja nyiapin buat UN ato tes masuk PTN.. Makin enek deh lw brow, ketemu soal di sekolah, ditambah ketemu soal pula di Bimbel...

Ora Et Labora :)

Lw orang yang beriman kan brow ? Gw yakin iya, mengingat Tuhan akan membantu hambanya yang kesusahan :) Tapi bukan berarti lw manja2 an sama Tuhan... Jangan mentang-mentang lw rajin berdoa, jadi sok deket sama Tuhan, dan yakin lulus UN tanpa belajar dengan asumsi Tuhan ngebantu lw, dan ngasih lw nilai 100....

Sebaiknya jangan berpikir gitu juga brow... Tuhan seneng liat anaknya kerja keras buat meraih mimpi (buset deh bahasa gw), dan Tuhan lebih seneng lagi kalo ngeliat anaknya akrab sama dia.. Sebaiknya mintalah bimbingan Tuhan dalam belajar, minta Tuhan menjauhkan kita dari perbuatan nyontek, minta Tuhan menenangkan kita supaya kita bisa teliti dalam ngerjain soal, dsb... Itulah Ora Et Labora, berdoa sambil bekerja, dimana kita kerja/belajar dengan bimbingan Tuhan (saib browww)


Ya demikian post gw di bulan Maret ini, bulan yang penuh keseriusan sampe pertangahan April... Gw doakan kita semua lulus UN dengan nilai yang bagus (Amin), semoga post gw ini bermanfaat untuk memotivasi kalian (Amin), dan selamat bertarung....

Sebelomnya gw dapet quote/kata mutiara yang bagus banget....

"Ujian bukan berarti suatu hal yang perlu ditakutkan dan dihindari, tetapi Ujian adalah wujud kesetiaan kita pada tanggung jawab" - Mario Teguh

Sekian dan Terima kasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novena Tiga Salam Maria: Mukjizat Bunda Maria Menyertai Kita !! (Gw saksi hidupnya brow !!)

Panduan Menulis Esai Untuk Mahasiswa Baru

[BEDAH LAGU]: Chrisye - Kisah Kasih di Sekolah (2002)